News Post

2 Jun

Menjadi Traveler Yang Cerdas, Begini Caranya

Tujuan terbesar saat berpergian jauh dalam rangka liburan adalah ingin bahagia. Namun, bukan berarti kita bisa begitu saja bersenang-senang tanpa mempedulikan kondisi sekitar atau hanya sekadar datang ke lokasi wisata untuk ber-selfie ria. Kita patut menjadi seorang pelancong yang cerdas agar kita dapat benar-benar merasa bahagia saat kembali ke rumah.

1. Mencari tahu lebih lanjut

Perjalanan Anda akan lebih terencana jika sudah mencari tahu lebih lanjut seputar obyek wisata yang akan Anda kunjungi. Memang, segala hal bisa terjadi tidak sesuai dengan rencana kita.

Tetapi setidaknya, ketika kita sudah membuat sebuah rencana perjalanan, kita sudah tahu apa yang harus dilakukan. Dengan membuat sebuah rencana perjalanan, maka Anda juga akan menghemat uang karena sudah memperkirakan biaya yang akan dikeluarkan.

2. Pandai mencari alternatif

Dalam sebagian besar aspek dari perjalanan, selalu ada beberapa pilihan seperti moda transportasi yang digunakan, pilihan tempat untuk berkunjung, atau penawaran harga saat berbelanja.

Pelancong yang cerdas mampu untuk memanfaatkan alternatif pilihan yang ada. Semakin banyak pilihan tentu semakin banyak pula referensi yang didapatkan.

3. Selalu waspada

Ke mana pun kita bepergian, ada baiknya kita harus tetap berhati-hati. Para pelancong yang tetap waspada ketika melakukan perjalanan, berarti memiliki tingkat kesadaran yang baik. Sebaiknya, ketika melakukan perjalanan ke tempat-tempat yang rawan kasus pencurian, hindari berpenampilan yang terlalu menonjol.

Justru dengan berbaur bersama masyarakat setempat saat sedang bertualang atau berpenampilan layaknya orang biasa akan mengurangi kemungkinan untuk menjadi korban pencurian.

4. Mentaati peraturan dan menghargai penduduk setempat

Dua hal ini memang seringkali luput dari kebanyakan para pelancong. Contoh sederhananya adalah masalah membuang sampah, banyak yang masih merasa karena sampah yang dibuang bukanlah tanggung jawab para pelancong melainkan para petugas kebersihan.

Banyak pula peraturan-peraturan lain yang seharusnya tidak dilakukan para pelancong tapi kebanyakan mengacuhkannya, seperti mencorat-coret sembarangan, cara berpakaian yang tidak sesuai dengan momen atau acara tertentu.

Seorang pelancong yang cerdas dan mempunyai etika tentu saja tidak akan melakukannya, bukan?

Leave a Reply