News Post

24 May

Bahaya Dibalik Unggah Foto Boarding Pass Ke Media Sosial

Anda sedang di boarding room menunggu pesawat diberangkatkan. Iseng-iseng, Anda foto boarding pass dan mengunggahnya ke media sosial. Terkesan sepele?

Namun ternyata hal ini bisa berbahaya. Sebab boarding pass menyimpan banyak informasi pribadi yang rentan diakses orang lain.

Seperti penjelasan dari KresbonSecurity, sebuah blog yang membahas seputar keamanan internet, ada beberapa website yang dapat membaca barcode yang termuat dalam boarding pass. Hal ini memberi akses orang lain untuk mengetahui segala sesuatu mengenai pemilik boarding pass tersebut, mulai dari nomor telepon, nomor frequent flyer.

Pada artikel tersebut dijelaskan seorang pembaca setia KresbonSecurity bernama Cory, penasaran mengenai data yang tersimpan dalambarcode di sebuah foto boarding pass. Foto tersebut diunggah temannya di Facebook.

Cory lalu screen shot foto tersebut, memperbesarnya, dan dengan mudah menemukan situs online yang bisa membaca data barcode.

“Saya menemukan website yang dapat men-decode data dan dengan cepat saya mendapatkan banyak informasi mengenai perjalanannya,” kata Cory.

Hal ini berarti informasi yang bisa diakses tak hanya mengenai penerbangan yang tertera di boarding pass itu saja, tetapi dengan mudah bisa mengetahui informasi pemesanan penerbangan-penerbangan berikutnya di masa depan dengan cara mengakses nomor-nomor pribadi tesebut.

Dengan akses seperti ini pada boarding pass Anda, seseorang bisa merubah kursi Anda di pesawat, membatalkan pemesanan penerbangan berikutnya, hingga mengganti PIN akun Anda.

Oleh karena itu, jangan unggah foto boarding pass Anda di media sosial.

Leave a Reply